Maulid Nabi, Loketa, dan Bulba

 


    Hai semua !! hari ini adalah blog-ku yang ke-8.. dan kali ini aku, Razza Shagufta Alam kelas 8A mau bercerita tentang kegiatan peringatan maulid nabi serta loketa bulba hari senin tanggal 26 oktober 2020.

    Pertama-tama, aku mau jelasin dulu apa itu maulid nabi, loketa, dan bulba. Maulid nabi, pada dasarnya adalah peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Loketa adalah singkatan dari "Lomba Keterampilan Agama", di dalam loketa, ada beberapa mata lomba, diantaranya MTQ, Tahfidz, Adzan, Da'i, Kaligrafi, dan Komik Islami. Bulba adalah singkatan dari "Bulan Bahasa", di bulba, ada beberapa mata lomba, yaitu Pidato, Debat, E-Poster, Puisi, foto virtual (fotu), dan cerpen. Nah, sudah cukup kan penjelasannya?

    Pada pagi hari, aku bangun seperti rutinitasku yang biasa. Singkat cerita, jam 7.00 pagi adalah waktu kami untuk mulai melaksanakan acara-acara pada hari itu, tetapi karena menunggu pengisi acara (ustadz) untuk hadir, acara tersebut baru dimulai jam 7.15. Pada awal acara, terdapat sambutan dari Bu Ita, dilanjut dengan Tilawah beserta Sari Tilawah oleh Rizky dan Nayra dari ROHIS. Lalu, sambutan-sambutan dari POMG, kepala sekolah, dan kepala BPS.

    Akhirnya, materi-pun dimulai, materi maulid nabi diisi oleh Ustadz Usaid. Materi tersebut adalah tentang kebiasaan-kebiasaan, Sikap dan sifat, serta cara mendekatkan diri kita kepada Rasulullah. Ceramah tersebut berlangsung selama kurang lebih 1 jam. Kemudian dilanjut dengan Istirahat, selama istirahat itu, aku berlatih untuk lomba yang ku-ikuti.

    Aku mengikuti cabang lomba dari Loketa, yaitu MTQ. Aku mau bercerita sedikit, Loketa dan Bulba dulu dilaksanakan secara offline dan peserta mata lomba memasuki suatu ruangan/venue yang sudah disiapkan secara terpisah untuk lomba masing-masing, akan tetapi, dengan adanya corona virus, maka kita harus melakukannya secara online melalui aplikasi Zoom Meetings. Dan pada tahun ini, aku memutuskan untuk ikut Loketa, lebih tepatnya lomba MTQ, tahun lalu, aku juga mengikuti lomba MTQ dan mendapat juara 3, jadi, kenapa tidak?


^ Vb lomba MTQ ^
    

    Pada jam 8.30, aku memasuki zoom kelas 7E, (kenapa kok cepet banget masuknya? gapapa, daripada lupa wkwk). Pada jam 9.00, dewan juri, yaitu Bu Ita dan Pak Dedi (menggantikan Pak Fathir) memasuki Room Zoom tersebut, dan dilanjut dengan penjelasan kegiatan oleh OSIS yaitu Athala. Aku sangat terkejoed sebab sistemnya bukan menggunakan breakout room, tetapi menggunakan fitur Spotlight participant, hal tersebut membuatku grogi setengah mati. Sebelum lomba, aku masih sempat berlatih dan menyemangati peserta lain yang lombanya sama denganku, sebab nomor urut-ku adalah 13, jadi aku masih punya waktu untuk melakukan semua itu.

    Yang membuatku tambah grogi adalah, semua peserta lain membaca dengan sAaAaNgAt BAGUS. Mulai dari yang pertama sampai yang ke-12 semua sangat lancar dan indah bacaannya. Tibalah saatnya giliranku, aku berkeringat, grogi, takut, berani semuanya bercampur menjadi satu. Aku membaca Surah Al-Hasyr ayat 22-24 dengan secepat, sebagus, dan sekencang yang kubisa. Setelah aku selesai, aku mulai tenang lagi sambil menunggu peserta lain membaca. Pada akhirnya, kami semua disuruh kembali ke zoom maulid nabi untuk menonton lomba debat. Acara ini berlangsung sampai jam 12.00 siang. Begitulah pengalaman-ku hari itu.

    Terimakasih sudah membaca blog-ku kali ini, maaf kalau ada salah penulisan atau bercanda yang garing (saya yakin banyak :v). Sampai jumpa di blog-ku selanjutnya !! dadah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Bab 3

Latihan Akhir Bab 2