Rangkuman Bab 1 buku Informatika kelas 8

          Halo, namaku Razza Shagufta Alam kelas 8A, SMP Labschool Jakarta. Kali ini adalah kali kedua aku menulis blog, dan hari ini aku akan membuat sebuah rangkuman dari bab 1 buku Informatika.

> Internet merupakan jaringan komputer yang sangat besar yang terdiri atas jaringan-jaringan yang lebih kecil dan menghubungkan komputer dari seluruh dunia.

> Internet berkembang mengikuti perkembangan teknologi jaringan komputer, aplikasi-aplikasi, luas jangkauan jaringan, dan jumlah pengguna.

> Jaringan komputer dibangun agar dapat membagi sumber daya, meningkatkan reliabilitas, menghemat dana, dan sebagai sarana komunikasi.

> Berdasarkan media fisik yang digunakan, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi jaringan kabel dan jaringan nirkabel.

> Berdasarkan luas area yang mencakup jaringan, jaringan komputer dapat dibagi menjadi jaringan LAN, MAN, WAN, internet, dan intranet.

> Kecepatan akses ke internet dan kecepatan transfer data di dalam jaringan ditentukan oleh lebar bandwith yang tersedia, yang dihitung dalam satuan bps.

> Ketika memilih sebuah ISP, ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan, diantara kecepatan transfer data, biaya, luas, jangkauan, dan teknologi yang digunakan.

> Koneksi suatu perangkat ke internet dapat dilakukan dengan berbagai cara, melalui jaringan LAN, ponsel, dan satelit.

> Berbagai jenis aplikasi internet yang umum digunakan saat ini, yaitu discussion board, newsgroup, WWW, email, mailing list, weblog, jejaring sosial dan media sosial, cloud storage, aplikasi berbasis cloud, dan mesin pencari.

> Mesin pencari Google menerapkan sistem indeks yang canggih dan berbagai algoritma pencarian untuk memberikan hasil pencarian dengan tingkat kesesuaian yang tinggi.

> Beberapa pengaturan yang dapat dilakukan saat menggunakan pencarian, yaitu pengaturan domain, jenis file, umur dokumen, bahasa, lokasi, dsb.

> Komunikasi data antara dua komputer dapat dilakukan dengan menggunakan protokol TCP/IP.

> keamanan data merupakan faktor yang sangat penting ketika terjadi komunikasi antara dua komputer.

> Teknik pencurian data yang sering digunakan, diantaranya eavesdropping, spoofing, email spoofing, phishing, pharming, cookies, spyware, adware, browser, dan hijakers.

> Beberapa teknologi pengamanan data, diantaranya firewall dan enkripsi data.

demikian rangkuman dari saya, bila ada salah kata mohon maaf. Terimakasih sudah membaca blog-ku kali ini, sampai jumpa lagi. :)      


Komentar

  1. terima aksih sudah mengerjakan tugasnya dngan baik dan tambahkan foto supaya lebih enak dibaca

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Bab 3

Latihan Akhir Bab 2

Maulid Nabi, Loketa, dan Bulba