Tugas Algoritma

 Hai semua, kali ini adalah blog-ku yang ke berapa saya lupa, hehe. di kesempatan kal ini, saya akan mengerjakan tugas essay tentang algoritma.


Jawablah pertanyaan soal essay di bawah ini


1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma? 

Algoritma adalah deretan instruksi yang jelas dalam memecahkan masalah, yaitu untuk memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukkan dalam jumlah waktu yang terbatas.

Perancangan algoritma adalah proses pemecahan suatu masalah yang mencakup sejumlah karakteristik, seperti menganalisa data secara logis dan menciptakan solusi dengan menggunakan langkah-langkah yang diperintahkan.


2. Ada 2 cara yg dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

a. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga lebih tepat digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada pemrogram. Sedangkan algoritma disajikan dengan gambar, misalnya dengan flowchart. Secara umum, pseudocode mengekspresikan ide-ide secara informal dalam proses penyusunan algoritma. Salah satu cara untuk menghasilkan kode pseudo adalah dengan meregangkan aturan-aturan bahasa formal yang dengannya versi akhir dari algoritma akan diekspresikan. Pendekatan ini umumnya digunakan ketika bahasa pemrograman yang akan digunakan telah diketahui sejak awal.

b. Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta pernyataannya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan antara proses digambarkan dengan garis penghubung. Dengan menggunakan flowchart akan memudahkan kita untuk melakukan pengecekan bagian-bagian yang terlupakan dalam analisis masalah


3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya! 

  1. 1) Jalankan program RoboMind.

  2. 2) Untuk memilih map yang sesuai, dari menu file, klik perintah Open Map. Kotak dialog akan ditampilkan.

  3. 3) Pilihlah Map yang sesuai, dalam hal ini OpenArea.

  4. 4) Pada program ini, beberapa huruf akan digunakan secara berulang, seperti huruf A, M, dan R.

  5. 5) Tambahkan Forward(3), Left, Forward(8), Right.

  6. 6) Tambahkan #Huruf I, Paintwhite, Forward (2), dan StopPainting.

  7. 7) Tambahkan Right, Forward(2), Left, dan Backward(2).

  8. 8) Tambahkan #Huruf A dan A ( )

  9. 9) Tambahkan program-program selanjutnya dengan huruf yang ingin kamu tulis dengan aturan-aturan kode seperti tadi.

  10. 10) Untuk melihat apakah kode berjalan dengan baik, tampilkan program tersebut.

  11. 11) Jika program sudah berjalan dengan baik, simpanlah pekerjaan kamu.


4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap! 

Variabel merupakan simbol yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai. Sedangkan tipe data adalah jenis nilai yang akan disimpan.


5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya! 

String nama; int umur; char jenis_kelamin; Tipe datanya ditulis terlebih dahulu, lalu diikuti dengan nama variabelnya.Variabel-variabel di atas akan menyimpan nilai null (kosong), karena belum kita isi.Kita juga dapat membuat variabel dengan mengisinya langsung.


6. Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch! 

Boolean = pilihan benar atau tidak
Nomor   = Integer atau angka bulat
String    = Huruf


7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks! 

A. Tipe Data Numerik/Angka Adalah data yang terdiri dari angka (0 – 9), waktu dan tanggal yang dapat diproses secara matematika. 

B.Tipe Data Teks Adalah tipe data berupa teks seperti huruf (A – Z, a – z), simbol (*, ^, $, %, #, @, dll) dan angka (0 – 9) yang tidak akan diproses secara matematika. 


8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind! 

r) forward(4) - right - forward(2)

a) forward(4)- left - forward(3) - backward(3) - left - forward(4) - right - forward(3) - right - forward(2) - right - forward (3)

z)  left - forward(3) - right - forward(2) - right - forward(3) - left - forward(2) - left - forward (3)

z)  left - forward(3) - right - forward(2) - right - forward(3) - left - forward(2) - left - forward (3)

a) forward(4)- left - forward(3) - backward(3) - left - forward(4) - right - forward(3) - right - forward(2) - right - forward (3)


9.Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan! 

 Tipe data ini hanya bisa diisi dengan salah satu dari 2 nilai: TRUE atau FALSE. Tipe data boolean banyak digunakan untuk percabangan kode program, atau untuk memutuskan apa yang mesti dijalankan ketika sebuah kondisi terjadi.


10.Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind. 

r) forward(4) - right - forward(2)

s) right - forward(3) - left - forward(2) - left - forward(3) - right - forward(2) - right - forward(3)

a) forward(4)- left - forward(3) - backward(3) - left - forward(4) - right - forward(3) - right - forward(2) - right - forward (3)


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etis Bermedia Sosial

Liburan pt. 2

Computational Thinking